Monday, February 2, 2009

KHASIAT DAUN SUKUN


Daun sukun (dengan nama latin : Artocarpus communis folium, bercirikan tepi daunnya berbagi menyirip) bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar creatinin dalam darah manusia.
Contoh resep : daun sukun kering 25 gram ditambah air 6 gelas, direbus dalam panci tanah, disaring, minum sehari 3x1 gelas.
Kadar creatinin yang normal adalah 0.6 - 1.2 mg/dl. Kadar yang di bawah normal, bisa diasumsikan telah terjadi pengendapan dan hal ini termasuk penyakit juga. Kadar kreatinin bisa diperiksa di laboratorium klinik dengan cara diambil darah vena sekitar 3 cc. Tarifnya sekitar Rp 20.000,- dan bisa ditunggu.
Kadar kreatinin merupakan suatu pemeriksaan yang bisa menjadi indikator pada fungsi ginjal. Pemeriksaan fungsi ginjal yang lain adalah ureum, asam urat / uric acid dan CCT / Clearance Creatinin Test. Pemeriksaan skreeningnya / pemeriksaan kualitatif adalah pemeriksaan urin rutin atau urin lengkap, lebih murah dan hasil lebih cepat didapatkan. Kalau pemeriksaan dari darah adalah pemeriksaan lanjutan atau pemeriksaan secara kuantitatif.

3 comments:

Anton Royanto Ahmad said...

kreatinin untuk apa ya??

Anton Royanto Ahmad said...

kreatinin untuk apa ya??

Cahya said...

kreatinin itu adalah salah satu pemeriksaan laboratorium yang dapat menjadikan penunjang diagnosa adanya penyakit ginjal.